Tuesday, November 25, 2008

Metadata

definisi dari metadata ada banyak akan tetapi mempunyai pengertian yang sama, menurut hasil yang sudah saya dapatkan dari beberapa sumber menyebutkan bahwa metadata adalah : 

data mengenai data. Metadata ini mengandung informasi mengenai isi dari suatu data yang dipakai untuk keperluan manajemen file/data itu nantinya dalam suatu basis data. Jika data tersebut dalam bentuk teks, metadatanya biasanya berupa keterangan mengenai nama ruas (field), panjang field, dan tipe fieldnya: integer, character, date, dll. Untuk jenis data gambar (image), metadata mengandung informasi mengenai siapa pemotretnya, kapan pemotretannya, dan setting kamera pada saat dilakukan pemotretan. Satu lagi untuk jenis data berupa kumpulan file, metadatanya adalah nama-nama file, tipe file, dan nama pengelola (administrator) dari file-file tersebut

Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Metadata

kumpulan informasi yang mendeskripsikan sebuah data. Tujuan utama dari keberadaan metadata adalah untuk mendokumentasikan karakteristik dari sebuah data, terutama yang berkaitan dengan isi, kualitas, dan fitur terkait. Konsep metadata sendiri pada awalnya banyak dipergunakan oleh organisasi atau perusahaan, khususnya di divisi administrasi yang sehari-harinya dihadapkan pada aktivitas pengelolaan dokumen dan arsip yang sedemikian banyak. Dengan mendefinisikan dan mendeklarasikan metadata untuk setiap dokumen dan arsip yang ada, maka proses pencarian dokumen dan arsip terkait dengan menggunakan teknologi informasi dapat semakin cepat, akurat, dan fleksibel.

Sumber : http://repository.gunadarma.ac.id:8000/457/1/Paper_Eko_Indrajit_MetadataGunadarmaV3.pdf


jadi dapat disimpulkan bahwa metadata itu sebenarnya adalah suatu "data" yang menjelaskan informasi mendetail tentang data yang sedang kita lihat atau akses. metadata ini sangat berguna karena dapat membantu kita untuk lebih mengenal tentang suatu data yang sedang kita akses.


Metadata service adalah : 

sebuah service yang menyediakan forum untuk dapat men-sharing metadata. jika kita ingin mencari suatu metadata maka kita dapat membrowsing metadata service ini untuk mencarinya, sama halnya jika kita mempunyai data dan ingin men-sharenya maka kita dapat mempublikasikannya di forum itu untuk dapat diakses oleh yang lain .

Sumber: http://webhelp.esri.com/arcims/9.2/general/mergedProjects/Creating_Metadata_Services/topics/overviewmetadataservices.htm

No comments: